Prestasi Wakil Indonesia Di Piala AFC

Piala AFC merupakan turnamen antar klun di Asia yang berada di bawah Liga Champions Asia atau yang kita sebut juga LCA, secara umum klub klub Indonesia yang berlaga di AFC tak mengalami banyak kesulitan bersaing di Piala AFC karena para pesaing mereka kebanyakan berasal dari Negara-negara yang kualitas sepak bola nya tak jauh berbeda dengan Indonesia seperti klub-klub dari negara Thailand, Vietnam, Filipina dll.

Berbeda dengan LCA dimana di Piala AFC ini prestasi klub-klub di Indonesia yang boleh dibilang lebih mentereng bahkan ada yang bisa mencapai babak semi-final dan perempat final, untuk mengetahu lebih lenkapnya inilah profil tim dan prestasi klub Indonesia di Piala AFC.

PSMS Medan (2009)

Di Piala AFC tahun 2009 PSMS Medan berhasil lolos sampai dengan babak 16 besar dimana saat itu Piala AFC tidak mengenal sistem kandang dan tandang sehingga pertandingan hanya digelar satu kali. kiprah cukup meyakinkan PSMS di babak penyisihan grup piala AFC tidak terlihat di babak 16 besar, dalam pertandingan yang berlangsung di RajaMangala PSMS harus mengakui keunggulan wakit dari Thailand, Shonburi FC dengan skor cukup telak 4-0.

Sriwijaya dan Persiwa Wamena (2010)

Indonesia menurunkan dua wakilnya di turnamen ini yaitu Persiwa Wamena dan juga Sriwijaya FC. dimana saat itu Persiwa hanya dapat merebut 1 poin dari 6 kali bertanding dan menjadi juru kunci saat penyisihan grup sementara Sriwijaya FC berhasil lolos hingga babak 16 besar.

Persipura dan Sriwijaya FC (2011)

Persipura menciptakan rekor baru di ajang Piala AFC saat itu dimana Persipura menjadi tim pertama asal Indonesia yang mencapai babak perempat final sementara Sriwijaya FC kembali harus terhenti langkahnya di babak 16 besar.

Arema Indonesia (2012)

Tanpa dukungan aremania yang hadir karena saat itu Arema tengah mengalami konflik dualisme sehingga ditinggalkan suporternya penampilan Arema justru terbilang cukup baik dimana mereka dapat lolos hingga babak 8 besar.

Semen Padang dan Persibo (2013)

Apabila Semen Padang tampil luar biasa dengan mencatatkan diri sebagai tim ke tiga wakil Indonesia yang berhasil menembus babak 8 besar Piala AFC hal sebaliknya justru diperlihatkan Persibo dimana mereka hanya menjadi lumbung gol dan mencatat rekor sebagai tim terburuk wakil dari Indonesia di turnamen AFC.

Persipura dan Arema Cronus (2014)

Persipura kembali menorehkan sejarah sebagai tim pertama asal Indonesia dan kini mereka bisa menembus hingga babak Semifinal dan ini merupakan prestasi terbaik tim indonesia di AFC sejauh ini, sementara Arema Cronus harus puas dan terhenti di babak 16 besar.

Persib Bandung dan Persipura (2015)

Wakil Indonesia di Piala AFC saat itu adalah Persib Bandung yang merupakan juara Liga Indonesia dan juga Persipura yang merupakan Runner up, langkah keduanya sama-sama harus terhenti di babak 16 besar saat itu Persib harus takluk dari Kitchee FC sementara Persipura harus terkena sanksi FIFA karena keluar dari PSSI sehingga klub Indonesia dilarang tampil di AFC Cup.

Persija Jakarta (2018)

Persija Jakarta gagal lolos ke babak Final Zona ASEAN piala AFC 2018 saat itu tim berjuluk tim kemayoran ini harus takluk dengan agregate 3-6 dari Home United. pada laga pertama yang digelar di Stadion Jalan Besar, Singapura, Persija menelan kekalahan 2-3 dan pada pertandingan kedua yang digelar di Jakarta, Persija kembali harus mengakui keunggulan Home United dan harus menyerah 1-3 pada laga tersebut sehingga agregate menjadi 3-6 yang membuat Home United lolos ke fase berikutnya.