Pesepakbola top dunia yang pernah bermain di Indonesia


Baru-baru ini Persib Bandung sempat membuat heboh dengan mendatangkan mantan pemain Chelsea dan juga Real Madrid Michael Essien ke Indonesia, Essien dikontrak selama 1 musim oleh Persib, seperti kita tahu Essien merupakan pemain top dunia yang sukses mengantarkan Chelsea meraih berbagai gelar juara baik domestik maupun Eropa, namun tahu kah anda selain Michael Essien ternyata bukanlah satu-satunya pesepakbola top dunia yang pernah bermain di Indonesia, lantas siapa sajakah mereka?

1.Mario Kempes

Kempes merupakan salah satu legenda tim nasional Argentina dia pernah bermain di Piala Dunia pada tahun 1974, 1978, 1982 dan dia sukses mengantarkan Argentina menjadi Juara Piala Dunia pada tahun 1978, pemain yang bernama lengkap Mario Alberto Kempes Chiodi sempat bergabung dengan Pelita Jaya pada tahun 1996, dari 15 kali penampilannya dia berhasil menyumbang 10 gol untuk Pelita.

2.Roger Milla

Milla merupakan pemain kelahiran Kamerun, diusianya yang 38 tahun ia mencetak sejarah bagi Kamerun dengan menembus perempat final Piala Dunia 1990, sebuah sejarah untuk tim Afrika untuk pertama kalinya saat itu karena dapat melangkah jauh di turnamen kelas dunia. pada tahun 1994-1995 pecinta sepak bola ditanah air sempat dibuat heboh dengan kedatangan pemain tersebut dan bergabung dengan Pelita Jaya dan kemudian pindah ke Putra Samarinda yang merupakan klub terakhir disepanjang karirnya.

3.Lee Hendrie

Lee merupakan pemain yang pernah bermain dan merasakan kerasnya Liga Premier Inggris dimana saat itu dia bermain untuk Aston Villa, namanya sempat meredup pada saat ia tersandung kasus judi dan dunia malam, akhirnya pada tahun 2011 Hendrie bergabung dengan klub Bandung FC, namun sayang karirnya di Indonesia pun tak membuat dia bersinar dan pada tahun 2016 Lee Hendrie dikabarkan mengelola sebuah SSB yang ia dirikan.

4.Marcus Bent

Bent adalah mantan pemain Everton pada tahun 2004-2006, setelah karirnya meredup dia memutuskan untuk menerima tawaran Mitra Kukar pada musim 2011-2012 akan tetapi penampilannya dianggap tidak bersinar bersama Mitra kukar dia hanya mencetak 4 gol dari 11 kali penampilannya alhasil sanga pemainpun dipecat dan yang lebih memprihatinkan dia tidak mendapatkan klub lagi setelah itu bahkan ia dikabarkan ditangkap polisi Inggris karena kasus Narkoba dan juga penganiayaan.

5.Piere Njanka

Piere Njanka merupakan pemain yang pernah membela Kamerun pada piala Dunia 1998 dan 2002, kemudian dia memutuskan untuk merumput di Liga Indonesia dan dia sempat membela sejumlah klub diantaranya Persija Jakarta, Aceh United, Mitra Kukar dan Persisam Samarinda.

6.Eric Djemba-Djemba

Pernah bersinar di Liga inggris dimana dia bermain untuk Manchester United di tahun 2003 setelah karirnya meredup dia memutuskan untuk menerima tawaran Persebaya Surabaya pada tahun 2015 namun kehadiran sang pemain tidak terlalu lama, ia batal bergabung karena mengalamai cedera.