Tragedi kerusuhan terparah dalam sepak bola

Kerusuhan antara fan sepak bola memang bukan hal yang aneh lagi kita dengar, keributan dan kerusuhan tersebut bukan hanya terjadi di Indonesia saja namun hampir di seluruh dunia kerusuhan pada cabang olahraga yang satu ini memang selalu terjadi, jumlah pentonton yang besar terkadang sering kali menimbulkan konflik apalagi jika tim yang mereka dukung kalah, nah berikut ini kami telah merangkum beberapa tragedi kerusuhan terparah dalam sepak bola dan juga berujung maut yang pernah terjadi.

Tragedi Hillsborough

Tragedi Hillsborough merupakan tragedi yang mengakibatkan kematian para penonton sepak bola karena berjejalan, peristiwa tersebut setidaknya menyebabkan 96 orang meninggal dunia yang mana semuanya merupakan pendukung dari Liverpool.

Polisi yang saat itu sempat khawatir dengan jumlah fans liverpool yang berada di luar stadion kemudian membuka salah satu gerbang utama yang membuat para pendukung Liverpool tumpah ruah di sekitar stadion, gelombang massa yang terjadi menyebabkan terjadinya desak desakan diantara pendukung Liverpool dengan pagar pembatas disekitar stadion.

Tragedi pertandingan Peru vs Argentina

Peristiwa ini terjadi pada tahun 1964, pertarungan panas antara Peru dan juga Argentina pada pertandingan kualifikasi Olympiade yang digelar di Stadion National, Lima, Ibu Kota Peru. kerusuhan terjadi pada saat wasit menganulir gol Peru disaat pertandingan tinggal tersisa 2 menit sebelum pertandingan usai, saat itu Peru yang dalam posisi ketinggalan akhirnya harus kalah dari Argentina, alhasil supporter pun marah dan menyerbu lapangan, dilaporkan sebanyak 318 orang tewas dan lebih dari 500 orang terluka.

Tragedi Stadion Ibrox, Skotlandia

ini juga merupakan pertandingan derby panas antara Celtic dan juga Rangers, pertandingan antara dua klub terbesar di Skotlandia itu sepertinya akan berakhir dengan hasil imbang tanpa gol, satu menit sebelum pertandingan usai Celtic mencetak gol dan membuat supporter Rangers kecewa dan meninggalkan Tribun, namun disisa waktu yang tersisa pemain Rangers Collin Stein kemudian mencetak gol penyama kedudukan dan score pun kembali imbang 1-1. Namun banyak pendukung Rangers yang tetap menunjukan rasa kecewanya saat keluar dari Stadion.

Banyaknya penonton yang keluar dalam waktu bersamaan, saat ribuan penonton mencoba melewati tangga tiba-tiba seorang anak yang saat itu tengah digendong oleh Ayahnya terjatuh dan menyebabkan tabrakan beruntun hingga banyak orang saling tindih. akibat peristiwa itu dilaporkan sebanyak 66 orang tewas dan 140 orang lainnya mengalami cedera.

Tragedi Pertandingan River Plate vs Boca Juniors, 23 Juni 1968

Merupakan salah satu derby terpanas di Argentina, peristiwa ini terjadi karena kelalaian petugas lapangan, saat pertandingan usai para supporter yang ingin keluar stadion melewati jalan yang keliru yang mana pintunya masih tertutup, kemudian mereka berbalik kembali namun rombongan di belakangannya maju alhasil terjadi saling tabrak, saling dorong dan injak. keributan pun semakin tidak terkendali dan dilaporkan sebanyak 74 orang tewas.

Tragedi Heysel, Juventus vs Liverpool

Merupakan pertandingan Final Liga Champions yang paling mengerikan dimana suporter Liverpool dan Suporter Juventus saling ejak, yang akhirnya membuat suporter Liverpool menyerang. pertandingan pun berubah menjadi kekacauan pada saat pagar pembatas yang memisahkan suporter kedua kubu roboh, yang mana pertarungan pun terjadi dan sebanyak 39 orang suporter Juventus dilaporkan tewas.